Anjrit, sial, parah, katanya minggu tenang, tapi ga bisa tenang sama sekali. Di minggu tenang sebelum ujian akhir semester a.k.a. UAS seharusnya gw bisa belajar dengan rajin di kosan. Belajar..??? mungkinkah seorang Didit belajar dengan tenang di kamarnya?? yang ada juga belajar maen dota dan juga nambang di Mafia Wars yang kini telah bosen dimaenin. klo ngga naekin level di Rock Legend. padahal udah ampe berbusa tuh mulut nyokap ingetin untuk belajar belajar dan belajar lewat telpon hampir tiap pagi, setelah beliau ngingetin untuk sholat subuh jgn kesiangan, tapi tetep aja susah banget untuk duduk diem menghadapi kitab Sam Boggs yang telah menunggu untuk segera di baca tapi beda jauh klo di suruh duduk diem sambil maen dota, ngeLan ama anak anak kosan, bisa dari pagi ampe pagi lagi tuh pant** ga akan beranjak dari depan laptop. Oops.. sori oot niy.
Nah kan awal nya gini tanggal 8 juni besok uas kan udah dimulai, seharusnya dari seminggu sebelumnya, tepatnya tanggal 1, udah libur, kaya anak anak jurusan laen yang sekarang sedang belajar 'bagi yang rajin' dan bersenang senang & jalan jalan di mall 'bagi yang males kaya gw'. tapi kali ini tuh beda?? dari tanggal 1 juni ada kunjungan ke PPPGL di pasteur, bandung. waktu kunjungan tuh harusnya jam 10, tapi berhubung koordinatornya udah tau kebiasaan anak buahnya yang suka 'ngaret' bukan makan permen karet trus di telen-apa sih gw- tapi suka banget tuh dengan yang namanya dateng telat, makanya jadi pada di kasi tau untuk udah pada ngumpul jam 8.45 di tempat. pas hari H gw berangkat dari kosan jam 7 pagi dengan ditemani motor tercinta, yah masa sama motor mana cewenya, alhasil gw nyampe disana tepat jam 8.40, semua itu berkat telah melakukan survey seminggu sebelomnya, klo ngga pasti dateng telat cuma gara-gara nyasar dan keterusan sampe gunung batu. sesampenya di tempat masih ada lagi rintangan yang menunggu, di pintu masuk, gw di cegat ama satpam penunggu PPPGL, beliau bertanya ada keperluan apa?? udah bikin janji blm??dll yang bikin gw bingung mo ngejawab apa karena dia nanya dalam bahasa sunda halus yg baru gw kuasai dikit banget. akhirnya gw putusin untuk menjawab dalam bahasa indo tp dengan logat yang diperhalus. "Punteun pak , ada acara kunjungan ke P3GL" gw bilang gitu. dengan secepat kilat beliau bertanya lagi "mau ketemu siapa?" dari mana?". nah kan gw bingung mo jawab apa lagi, ga ada orang P3GL yang gw kenal, tadinya gw mo bilang mo ketemu presiden SBY, tapi akhirnya gw mutusin bilang gini"dari unpad, geologi unpad", karena pasti tuh satpam ga percaya klo gw mo ketemu presiden didalem. scara dia tuh satpam bukan anak tk yang gampang diboongin dan akhirnya beliau nanya lagi,"sudah bikin janji blm?" lah kan gw jadi tambah bingung lagi, yang gw tau cuma dateng ke P3GL liat liat isinya ada apa aja dan abis itu pulang. klo di tanyain udah bikin janji blm, pasti langsung gw jawab "blom" dan langsung di usir ama tuh satpam. How lucky, seorang lagi datang dan langsung bertanya “ade dari geologi unpad yah, ada bimbingan?” langsung gw jawab “iyya” dan di jawab, “oo, iya, masuk aja.” Langsung deh gw masuk dan dalam pikiran gw ‘coba satpam tadi dateng trus langsung ngusir satpam yang banyak nanya dan bilang gini ke gw ”mohon maaf atas ketidaknyamannannya, tadi itu ada orang gila yang terobsesi mau jadi satpam.” Gw pun senyum-senyum sendiri untuk ngilangin rasa kesel gw ke satpam cerewet tadi. Beberapa menit setelah rintangan berhasil dilewati nyampe juga dah di dalem P3GL dan sudah ada beberapa temen gw nyampe duluan. Disana gw nunggu sampe sekitar jam 10 kurang 15, “-5 dong, garing ah..”, kenapa koordinator acaranya blom keliatan batang hidungnya?? Dan 5 menit kemudian, datanglah koordinator acara dan sisa anak yang serombongan dengannya. Gw pun bertanya,”katanya kumpul jam 8.45?” dan diapun menjawab “acaranya jam 10 blom telat kok, kan masih baru jam 9.50.” Sial tau gitu gw mending santai aja berangkat jam 8. Jadi kan ga perlu nunggu lama. Mungkin pemikiran seperti itu yang membuat orang-orang jadi suka ngaret a.k.a dateng telat. Setelah itu acara pun dimulai dengan briefing di ruang office dan setelah itu kunjungan ke semua lab dimulai dan selesai dengan bahagia.
Tapi masalah yang dapat menggangu ketenangan di minggu tenang kembali datang, ketika hari berikutnya tiba. Acara kuliah lapangan dengan mengadakan kunjungan ke LAPAN dan mengamati langsung di lapangan di daerah utara bekasi. Setelah hari sebelumnya kaki P3GL(=pegel) karena kelamaan berdiri di tiap lab P3GL karena tidak tersedia kursi, dan kali ini ada acara kulap, ke Jakarta pula. Awalnya sih dikasi tau untuk pada kumpul jam setengah 6 di kampus, tapi berkat pengalaman sebelumnya, gw pun berangkat pada pukul 6 pagi dan berjalan dengan santai. Akan tetapi perkiraan gw kalo bis bakal berangkat jam setengah 7 tuh salah. Ternyata masih karena ada hal-hal yang sudah biasa terjadi, bis pun akhirnya meluncur turun ke Jakarta pada pukul 8 siang. Di perjalanan gw membayangkan tiba-tiba temen-temen gw yang duduk di kursi belakang berubah menjadi orang-orang barbar yang sedang kelaparan ketika ada yang mengeluarkan sebungkus mi instan. Pas baru aja bungkusnya di buka orang-orang barbar langsung menyerbu dan memakan sebungkus mie tersebut dengan rakus sampe ada yang makan bungkusnya juga. Tapi itu kan cuma dibenak gw aja, sebenernya sih ga segitunya kalee. Begitu ada temen yg ngeluarin sebungkus mie dan menuangkan bumbu seketika itu juga orang-orang barbar (baca=temen-temen yang duduk di kursi belakang) terbangun dari tidur dan meminta (baca=merampok) sebungkus mie tsb. Setelah satu orang minta, yang disebelahnya ikutan minta dan mie pun dioper kebeberapa orang dan akhirnya tersisa hanya bungkusnya aja. Temen gw yang ngeluarin mie tadi, akhirnya diem dulu sejenak dan dengan secepat kilat mengeluarkan lagi satu bungkus mie. Anjir ni orang bawa mie sedus kale yah di dalem tasnya, mau kulap apa mau kemping mas...
Sebungkus mie tadi akhirnya bernasib sama seperti mie yang pertama. Setelah puas maka mie mentah. Orang-orang barbar ini pun tidur. Kini mulailah para paparazi bekerja, setiap orang yang lagi tidur pasti kena jepretan kameranya, ada satu temen gw yang tidur dengan menyandarkan kepala di jok depannya, dan mulailah terbentuk air terjun yang mengalir deras dari dalam mulutnya. Fenomena tersebut tidak mungkin terlewatkan oleh paparazi profesional ini. Dengan susah payah diambil foto fenomena alam yang jarang terjadi ini, karena bis berjalan dan bergetar sehingga foto yang dihasilkan sedikit abstrak a.k.a blur. Setelah di dapat hasil yang memuaskan paparazi ini mencari korban baru ada lagi suatu fenomena terbentuknya gua secara alami (baca= orang lagi tidur mulut magap). Para korban tidak sadar kalau mereka telah menjadi korban paparazi ini. Setelah sampai di Jakarta bis yang gw tumpangi mulai mengalami masalah navigasi (baca=nyasar) pertama ketika di tol harusnya keluar di Pasar Rebo tapi keterusan dan akhirnya harus memutar di bawah flyover deket cilandak (klo ga salah), ga tau sebenernya ini salah siapa?? Navigatorkah? Atau supirnya??pastinya bukan salah gw yak. Pas udah sampe di Pasar Rebo kembali masalah navigasi terjadi, bis harusnya meluncur ke arah LAPAN malah langsung meluncur kearah sebaliknya. Setelah agak jauh baru lah disadari kalo arah yang diambil salah. Anjrit, nyasar lagi,tambah lama lagi nyampenya, cape bener. Setelah bis meluncur kearah yang benar dan menemukan plank yang bertuliskan LAPAN ±800m menunjuk ke arah suatu gang sempit di daerah kalisari. Setelah supir mengerahkan seluruh kemampuannya bermanuver di jalan sempit, sampailah di LAPAN. Pas baru nyampe ternyata bis lain ga ada disitu, ternyata bis yg gw tumpangi ini salah tempat. Ternyata ada lagi gedung LAPAN yang ada di belakang gedung tempat gw bernaung sekarang ini. Sampe muncul di benak gw klo LAPAN tuh gedungnya ada 8 yah, sampe susah nemuin gedung yang tepat. Akhirnya ada seorang yang baik hati yang mengantarkan rombongan yang tersesat ini menuju tempat yang paling indah, yaitu LAPAN, tempat yang selama ini gw tuju. Setelah nyampe kaya biasa lah, pasti ada briefing dulu, sampe setengah mati nungguinnya ampe selesai. Abis itu baru keliling liat-liat tiap lab. Hmm.. jakarta emang lagi bersahabat, cuaca agak mendung berawan, ya iya lah, jadi ga terlalu panas disana. Ga kerasa udah sore aja, seharusnya abis ini kan kita ke pantai, tapi karena udah kesorean tujuan berikutnya di alihkan ke waduk Jatiluhur, tapi dengan syarat harus sebelum maghrib udah di tempat, kalo ngga yang ga bisa liat apa-apa. Gelap. Tapi menurut perkiraan gw ga akan nyape, soalnya udah jam 4, paling ngga 3 jam untuk nyape ke purwakarta dari tempat terpencil di Jakarta Timur ini. Kali ini dugaan gw bener dan akhirnya tujuan di pindahkan lagi ke Jatinangor a.k.a tempat asal kita berangkat. Dan akhirnya nyampe juga di kampus tercinta pada pukul 20.30.
Cape juga padahal cuma jalan-jalan nake bis ke jakarta trus balik lagi ke nagor. Begitu sampe di kosan gw baru inget klo besok ada ujian praktikum, parahnya lagi gw kebagian di gelombang pertama sekitar jam 8 pagi. Langsung aja dah tanpa mandi terlebih dahulu naik ke kasur dan berharap besok bisa bangun pagi.
Pas paginya baru buka mata liat jendela ternyata udah terang, anjrit gw kesiangan, pas liat di hp ternyata baru jam setengah 7, huh.. gw kira udah jam 8an, ampe kaget gw pas baru bangun, takut telat. Soalnya klo telat ga bisa milih mikroskop yang bener untuk ujian. Pas gw inget-inget ternyata gw juga blm belajar, langsung dah gw cari smua catetan yang isinya tentang materi yang bakal dijadiin bahan ujian. Sampe berantakan dah tuh isi kamar gw acak-acak, soalnya catetan gw tuh ilang ntah kemana? Pas gw inget oia.. ada di dalem tas kemaren kulap. Dan berhasil ditemukan..bahagia banget padahal belom ujian. Langsung gw targetin jam setengah 8 udah harus berangkat dan belajar disana. Ternyata masih sepi, gw jadi mahasiswa pertama yang nyame di jurusan,lebay mode=on. Sampe lupa untuk belajar dulu tapi akhirnya inget setelah temen gw yang mirip gorila dateng, dan diikuti dengan yang lainnya.
Ini baru hari rabu,minggu tenang masih ada empat hari lagi, tapi ternyata masih belom bisa tenang juga karena hari jumat ada suatu mata kuliah yang ambil nilai uts dari presentasi, dan sialnya kelompok gw belom maju. Ah, kapan niy gw bisa nyantai dirumah ketemu temen-temen gw waktu muda dulu, heh, emang udah tua? Dan liat aja ada apalagi di hari jumat besok yang bisa membuat minggu tenang gw menjadi minggu tidak bisa tenang.
To be continued...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar